Ajar Dadi Satriya

Dengan merujuk pada nasihat Sinuwun Paku Buwono IV yang tersemat pada gambar di atas, saya kira tidaklah salah jika kemudian kita memberanikan diri untuk memulai tindakan nyata sebagai pelaksanaan rumusan sikap kesatria. Pertama, berlaku jatmika, yaitu senantiasa menjaga tingkahlaku dengan cara mengendalikan ambisi/keinginan. Kedua, berlaku ruruh, yaitu senantiasa menjaga kerukunan di dalam pergaulan dengan cara santun berbahasa. Ketiga, berlaku wasis, yaitu gemar membantu sesama sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Keempat, berlaku prawira, yaitu berani mengakui kekhilafan atau kesalahan sendiri dan mempertanggungjawabkan akibatnya.

Semoga kita berhasil mengamalkan empat sikap mulia tersebut. Semoga nantinya suasana kehidupan bersama di lingkungan kita masing-masing akan semakin berkualitas. Tuhan senantiasa memberikan petunjukNya.

Prasaja kemawon, kula badhe miwiti nggayuh drajad satriya kanthi lampah ingkang saestu prasaja. Kula badhe mbudidaya supados tansah jatmika (ngatos-atos ing tumindak kanthi nyuda pepenginan). Kula badhe mbudidaya supados tansah ruruh (ngatos-atos ing pasrawungan kanthi tatakramanipun basa). Kula badhe mbudidaya amrih saged wasis (remen mbantu asanes jumbuh kaliyan kasagedan). Kula badhe mbudidaya amrih tansah prawira (wantun legawa saha ndhadha kaluputan kula piyambak).

Mbokmenawi, kanthi mekaten, gesang-kula sekedhik migunani tumrapipun asanes, sinaosa boten sinandhangan gelar satriya.

Mbelinger Store, Jl. Kebun Raya 43 Rejowinangun Kotagede Jogjakarta. Sumangga pinarak mundhut kaos…

Sugito Ha Es

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*